Alamat

Selamat Datang di Blog KAWERON DUSUNKU ASRI
Lokasi : di Dusun Kaweron, Desa Muntilan, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Kode Pos 56411.

Minggu, 09 Januari 2011

NYINOM (SINOMAN)

Bertahun-tahun, sinoman di Kaweron Muntilan telah ada dan telah banyak berkiprah di setiap kegiatan hajatan,  pengajian, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang memerlukan sinoman. Sejak Admin masih duduk dibangku SMP, Admin telah banyak ikut berkecimpung dalam kegiatan sinoman kampung. Waktu itu pakaian yang dikenakan masih menggunakan pakaian atas putih, dan celana panjang hitam, bersepatu, serta memakai peci hitam. Dulu para sinoman masih dilaksanakan oleh para pemuda dari tingkat SMP hingga yang sudah tidak sekolah (bekerja). 
Seiring berjalannya waktu, sekitar pada tahun 2000 didirikan paguyuban sinoman gabungan dari RT 01, 02, 03 dan 03 Tlatar yang terdiri dari anak-anak muda (putra dan putri) yang mau dengan ikhlas berjuang dalam kegiatan sinoman. Saat itu paguyuban tersebut dibimbing oleh Bp. Ahmad Sobari, Bp. Khabib Fathoni, Bp. Asroni, Bp. Hasan, Ibu Ning, Bu Yiyik, dan Bu Musriyah. Selang beberapa tahun kemudian (kira" 7-8 tahun) karena banyak yang sudah berkeluarga, bahkan ada yang ikut suami meninggalkan dusun, lambat laun paguyuban ini mulai memudar.
Alhamdulillah, mulai bermunculan para sinoman di tiap-tiap RT yaitu Sinoman RT 01 (anak-anak muda), Sinoman RT 02 (anak-anak muda), dan Sinoman RT 04 (anak-anak muda dan bapak-bapak). Hanya RT 03 Kaweron yang tidak ada kelompok sinoman dikarenakan jumlah anak-anak mudanya yang sangat minim. Dari beberapa kelompok sinoman tersebut, Kelompok Sinoman RT 02 yang saat ini terlihat banyak kegiatan dengan seragam atas biru, celana hitam, berpeci, dan bersepatu hitam. Sinoman RT 02 banyak diisi oleh para mantan anggota paguyuban sinoman yang dulu sangat exis di Dusun Kaweron.
Awas! nasinya mau tumpah
Kompak untuk makan hidangan


Para punggawa Sinoman RT 02 diantaranya ada Heru Pranggono, Ahmad Sadana, Syaiful Muslim, Muh Lison, Dody Roy R., Surahmat, Nandang, Andra, Obet, dan masih banyak lagi.
TERUS BERJUANG UNTUKSINOMAN DI KAWERON MUNTILAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar