Alamat

Selamat Datang di Blog KAWERON DUSUNKU ASRI
Lokasi : di Dusun Kaweron, Desa Muntilan, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Kode Pos 56411.

Senin, 03 September 2012

KEBAKARAN PASAR TALUN

Hari ini Senin, 3 September 2012 sekitar + pukul 13.30 wib telah terjadi kebakaran di pasar Talun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang membakar hampir seluruh toko, kios, los, maupun lapak – lapak di sana. Padahal belum lama juga ada pasar Bandongan yang terbakar, pasar Borobudur juga ikut terbakar walaupun baru 2 kios, sekarang pasar Talun di Kecamatan Dukun. Untuk kebakaran di pasar Talun, api mulai muncul dari tengah pasar. Ada beberapa warga yang mengatakan bahwa api dari puntung rokok yang dibuang di tempat sampah, namun ada juga yang mengatakan bahwa api dari toko / kios sandal karena terjadi arus listrik hubungan pendek (konslet).
Banyak sekali pedagang bahkan warga kampung sekitar pasar Talun yang mengalami kepanikan karena besarnya api yang berkobar. Mereka sibuk menyelamatkan barang dagangan dan barang -  barang yang masih dapat dipergunakan dengan dibantu para relawan merapi yang tergabung dalam Guruh Merapi, Kompag Merapi, Linang Sayang, Simpatik Merapi, Kompas Gunungpring, GRCC, JME, dan lain-lain. Tak ketinggalan aparat kepolisian, TNI, PMI, aparat pemerintahan baik dari Desa, Kecamatan, bahkan Kabupaten pun ikut turun tangan tak terkecuali Bapak Bupati Ir. Singgih Sanyoto juga datang ke lokasi kejadian.
Dengan dibantu mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Magelang, Kota Madya Magelang, bahkan Kabupaten Sleman, Yogyakarta turut serta memberikan bantuan untuk memadamkan api. Sampai dengan pukul 16.05 wib api sudah mulai padam, hanya beberapa titik api saja yang masih hidup dan hingga pukul 18.35 wib tinggal menyisakan api dibagian selatan.
Dari warga kampung kita yang setiap hari berdagang di pasar Talun, yang diantaranya :
  1. Ibu Nurhayati
  2. Ibu Ngatini
  3. Ibu Hindun
  4. Ibu Mus (P.Salim)
  5. Ibu Darti
Alhamdulillah mereka selamat karena biasanya jam 1 siang pasar Talun sudah sepi dan mereka sudah pulang ke rumah. Hanya saja barang dagangan mereka mungkin ada yang ikut terlalap si jago merah. Alhamdulillah dari sekian banyak toko, kios, maupun lapak di pasar Talun, masih ada beberapa kios yang masih utuh dengan barang – barang dagangan masih di dalamnya. Terhitung oleh admin ada 4 kios termasuk diantaranya milik Ibu Hindun.




Foto : Ipul & Aris
Sebagai tambahan informasi bahwa sebelum puasa, pasar Bandongan Kabupaten Magelang juga terbakar, bahkan yang belum lama ini (minggu kemarin) pasar Borobudur juga terbakar dan alhamdulillah hanya 2 kios yang terbakar di pasar Borobudur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar