Alamat

Selamat Datang di Blog KAWERON DUSUNKU ASRI
Lokasi : di Dusun Kaweron, Desa Muntilan, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Kode Pos 56411.

Rabu, 22 Agustus 2012

1 Syawal 1433 H


Bulan suci ramadhan telah pergi meninggalkan kita semua pada hari Sabtu tanggal 18 Agustus 2012, dan berganti dengan datangnya bulan Syawal. Banyak diantara kita yang merasa kehilangan karena belum puas untuk melaksanakan amal ibadah di bulan ramadhan, akan tetapi tidak sedikit pula yang merasa senang dengan berlalunya bulan ramadhan.
Gema takbir, tahlil, dan tahmid berkumandang di seluruh negeri tercinta Indonesia bahkan umat islam di seluruh dunia. Tepat pada hari Ahad tanggal 1 Syawal 1433 H waktu Indonesia Bagian Barat Masyarakat Lingkungan Kaweron ikut bergembira dalam merayakan kemenangan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.
Sanak saudara yang merantau sebagian besar telah kembali ke kampung halaman kita untuk dapat merayakan Idul Fitri bersama Orang tua, Kakek – Nenek, Pakdhe -  Budhe, Paklik – Bulik, Kakak – Adik, tetangga serta orang – orang tercinta terdekat lainnya. Mereka bersatu dan bergembira karena dapat berkumpul dengan keluarga. Ada yang berpakaian baru, alat sholat baru (sarung, mukena, peci, sajadah), sandal baru, bahkan hingga sepeda motor atau mobil yang baru juga.
Jam 06.15 wib tak kurang dari 800 – 900 orang berbondong – bondong menuju lapangan depan kampung untuk melaksanakan shoat ied berjama’ah. Dari warga Kaweron, Tlatar, Wonolelo, Perumahan Wonolelo Indah, bahkan Pepe ikut bersama – sama melaksanakan sholat Idul Fitri 1433 H. Pada hari itu sebagai Imam adalah Bapak Asrori dan sebagai Khotibnya Bapak Arif Arfiyanto, S.Ag. dari Medari, Sleman, Yogyakarta.
Sebelum dilaksanakan sholat ied terlebih dahulu disampaikan pengumuman – pengumuman dari Bapak Ahmad Sobari, adapun isi pengumuman diataranya adalah :
  1. Hasil penimbangan dan pentasyarupan zakat fitrah yang mengalami kenaikan, tahun lalu kita mendapat 1.179 kg sementara tahun ini kita mendapatkan 1.200 kg lebih (penghitungan s/d sebelum sholat ied). Alhamdulillah, zakat tersebut telah terbagi untuk 241 orang warga Kaweron, 3 orang ustadz, 9 permintaan dari luar kampung (pondok pesantren dan panti asuhan)
  2. Uang kantilan (dana dari masyarakat untuk fakir miskin dan anak-anak) terkumpul 2.702.000 dan telah tertasyarupkan
  3. Infaq, shodaqoh, dan amal jariyah alumni dan masyarakat untuk pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (MI Muhammadiyah Kaweron, TK ABA Kaweron, dan PAUD Kartini) untuk sementara terkumpul Rp 1.000.000,-

 Silaturahim
Selesai melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan, adat istiadat yang sudah ada sejak jaman dulu dan sampai sekarang masih dilaksanakan oleh warga kampung adalah saling kunjung mengunjungi yang dalam bahasa warga disebut dengan “ujung”.
Diawali dengan minta maaf kepada orang tua, sanak saudara yang lebih tua, baru dilanjutkan ke tetangga dan saudara – saudara yang lain. Begitu ramai kampung kita dengan hilir mudik orang untuk bersilaturahim, terkadang kita bertemu dengan segerombolan anak – anak muda, orang – orang dewasa, anak – anak, kita akan tersenyum ketika kita melihat pengantin baru jalan berdua atau bersama keluarga, bahkan ketika melihat keluarga baru dengan membawa anaknya yang masih bayi untuk bersilaturahim ke sana kemari.
Mungkin karena telah berkurangnya orang tua yang sering kita kunjungi atau banyaknya anak – anak muda yang tidur siang karena begadang sampai pagi di malam takbiran hingga setelah ba’da dhuhur terasa sepi sekali dari lalulalang orang bersilaturahim. Hanya terlihat beberapa kelompok saja yang masih berkunjung ke sana ke mari karena mereka belum merasa puas jika belum seluruh warga (yang dianggap “sepuh”) belum didatangi.
Inilah gambaran kecil dari Hari Raya Idul Fitri 1433 H di Dusun Kaweron Kecamatan Muntilan.
Tak lupa admin mengucapkan :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar