Alamat

Selamat Datang di Blog KAWERON DUSUNKU ASRI
Lokasi : di Dusun Kaweron, Desa Muntilan, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Kode Pos 56411.

Minggu, 27 November 2011

1 Muharram 1433 H

Tanggal 26 Nopember 2011 M bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1433 H. Orang jawa biasanya mengenal dengan istilah 1 Suro. Bagi sebagian orang Jawa, tanggal 1 Suro apalagi malam 1 Suro banyak digunakan untuk "nenepi" mengadakan berbagai macam kegiatan ritual ataupun kegiatan lain (begadang) untuk menyambut datangnya tanggal 1 Suro.
Seiring berjalannya waktu, kemajuan ilmu pengetahuan, dan semakin gencarnya para ustadz berdakwah, ditempat kita sudah mulai berkurang aktifitas masyarakat yang pada malam 1 Suro untuk melakukan hal-hal yang tidak banyak manfaatnya. Dulu banyak yang pergi ke pantai parang tritis, parang kusumo, atau daerah-daerah pegunungan. Namun sekarang sudah mulai berkurang bahkan perlahan-lahan mulai menghilang terutama di kalangan remaja.
Pada malam 1 Suro kemarin, banyak terlihat remaja-remaja di tempat kita yang hanya berjalan-jalan di pecinan dan sudah pulang ke rumah masing-masing sekitar pukul 9 atau 10 malam. Tidak banyak aktifitas begadang dilakukan di lingkungan. Mari kita dukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh adik-adik kita, kegiatan yang bermanfaat untuk diri mereka atau bahkan masyarakat di tempat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar